PROPOSAL RISET KEPERAWATAN
PENGARUH KERAMAHAN
PERAWAT TERHADAP PENINGKATAN KENYAMANAN PASIEN ANAK SAAT HOSPITALISASI
DI RS. PERSAHABATAN
A.
Judul Penelitian
Pengaruh Keramahan Perawat
terhadap Peningkatan Kenyamanan Pasien Anak saat Hospitalisasi
B.
Ruang Lingkup
Penelitian
Penelitian
ini dilakukan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh
keramahan perawat terhadap peningkatan kenyamanan pasien anak saat
hospitalisasi
C.
Abstrak
Anak merupakan individu yang berada
dalam suatu rentang perubahan perkembangan (bayi sampai remaja), dimana anak bukan
miniatur orang dewasa, harta dan kekayaan orang tua yang nilai dihitung secara
ekonomi tetapi anak adalah mahluk yang unik, dan utuh, biopsiko-sosio kultural
spiritual (Yupi Supartini, 2002). Keadaan sakit dapat mempengaruhi keadaan psikologis dan fisiologis pada
anak, oleh karena itu usaha perawatan harus diarahkan untuk mengurangi tekanan
emosi yang bersumber pada keberadaannya di rumah sakit. Khususnya pada anak
usia 2-5 Tahun sangat mempengaruhi perkembangan sosial emosionalnya,
perkembangan psikososial dan perkembangan intelektual (Yupi Supartini, 2002).
Reaksi anak terhadap sakit dan
kerumah sakit baik untuk rawat inap maupun rawat jalan adalah kecemasan,
stress, dan perubahan perilaku. Bentuk dari kecemasan,
dapat berupa bentuk kecemasan berpisah, kehilangan kontrol, cedera tubuh dan nyeri. Tiga fase dari
kecemasan berpisah adalah fase protes, despair detachment /denial yang masing-masing
memberikan perilaku tertentu. Anak yang dirawat di rumah sakit akan
merasa tidak aman dan nyaman, tidak mengerti mengapa harus dirawat berpisah
dengan orang-orang terdekat dan kecemasan dengan lingkungan baru. Oleh karena itu
rumah sakit berfungsi untuk melengkapi suatu lingkungan dimana anak yang sakit
dapat dibantu untuk mengatasi atau meringankan penyakitnya. Dalam hal ini perawat memiliki porsi besar untuk
membantu si anak dengan bantuan dari keluarga pasien anak. Tujuannya adalah untuk menyembuhkan atau memperbaiki status fisik, mental,
sehingga anak dapat berkembang dalam keterbatasannya (Sacharin M, Rosa, 2000).
Di akui dalam faktanya,
tenaga keperawatan di Indonesia masih memiliki kekurangan salah satunya dalam
hal keramahan. Penelitian tentang pengaruh keramahan perawat terhadap
peningkatan kenyamanan klien anak yang terhospitalisasi belum banyak dilakukan,
inilah yang menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahuinya. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui apakah
terdapat pengaruh keramahan perawat terhadap peningkatan kenyamanan klien anak
yang terhospitalisasi. Hasil penelitian ini akan menghasilkan data awal yang
dapat dipergunakan untuk menetapkan dan menentukan intervensi keperawatan
dengan tepat.
D.
Latar Belakang Masalah
Memberikan pelayanan yang terbaik khususnya di bidang kesehatan tentu
menjadi kewajiban bagi para tenaga medis. Perawat adalah salah satu tenaga
medis yang harus memiliki kemampuan dan
mutu yang baik juga pelayanan yang ramah kepada pasien.
Pelayanan yang baik di bidang
kesehatan memang masih banyak diragukan, khususnya di Indonesia. Pasien lebih
memilih berobat ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, padahal
dari segi kualitas Indonesia juga sudah banyak mengalami kemajuan.
Pelayanan kesehatan kita, memang
tidak dapat dipungkiri masih memiliki kekurangan. Misalnya dari segi attitude.
Perawat di sini dikenal galak dan tidak murah senyum. Ini yang harus di ubah, juga termasuk
kualitas dan mutu kemampuan serta pelayanan perawat.
Pelayanan asuhan
keperawatan tidak terlepas dari pelayanan terhadap anak-anak. Dimana pelayanan
yang diterapkan tentu tidak sama dengan pelayanan pada orang dewasa. Rata-rata anak mendapat perawatan selama enam hari. Selain membutuhkan perawatan
yang spesial dibanding pasien lain, anak sakit juga mempunyai
keistimewaan dan karakteristik
tersendiri karena anak-anak bukanlah miniatur dari orang dewasa atau dewasa kecil. Dan waktu yang dibutuhkan
untuk merawat penderita anak-anak 20-45% lebih banyak dari pada waktu untuk
merawat orang dewasa (Speirs,cit Hikmawati 2000).
Anak yang dirawat di rumah sakit akan
merasa tidak aman dan nyaman, tidak mengerti mengapa harus dirawat berpisah
dengan orang-orang terdekat dan kecemasan dengan lingkungan baru. Oleh karena itu
rumah sakit berfungsi untuk melengkapi suatu lingkungan dimana anak yang sakit
dapat dibantu untuk mengatasi atau meringankan penyakitnya. Dalam hal ini perawat memiliki porsi besar untuk
membantu si anak dengan bantuan dari keluarga pasien anak. Penelitian tentang
pengaruh keramahan perawat terhadap peningkatan kenyamanan klien anak yang
terhospitalisasi belum banyak dilakukan inilah yang menjadi daya tarik peneliti
untuk mengetahuinya. Hasil penelitian ini akan menghasilkan data awal yang
dapat dipergunakan untuk menetapkan dan menentukan intervensi keperawatan
dengan tepat.
E.
Identifikasi Masalah
1. Manajemen ruangan anak yang kurang memadai
2. Pelayanan perawat yang kurang memuaskan
F.
Batasan Masalah
Pelayanan perawat yang kurang
memuaskan
1. Keramahan/ Attitude
2. Keterampilan/ Skill
3. Penampilan/ Physic Performance
G.
Rumusan Masalah
Apakah pengaruh keramahan perawat
dapat meningkatkan kenyamanan pasien anak saat hospitalisasi?
H.
Tujuan Penelitian
Tujuan Umum
Mengetahui ada atau tidaknya
pengaruh keramahan perawat dalam peningkatan kenyamanan pasien anak saat
hospitalisasi di RS. Persahabatan, Jakarta Timur.
Tujuan Khusus
1. Mengidentifikasi karakteristik pasien anak saat
hospitalisasi
2. Mengidentifikasi karakteristik keramahan perawat
3. Mengidentifikasi karakteristik kenyamanan pasien anak
saat hospitalisasi
I.
Desain dan
Metodologi Penelitian
·
Desain Penelitian
Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif untuk mengetahui pengaruh keramahan perawat dalam
meningkatkan kenyamanan pasien anak saat hospitalisasi
·
Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian akan dilakukan
di Ruang rawat anak Bougenville RS. Persahabatan, Jakarta Timur.
·
Populasi dan Sampel
Dalam penelitian ini yang menjadi
sampel penelitian adalah anak sedang di hospitalisasi di Ruang rawat anak
Bougenville RS. Persahabatan, Jakarta Timur.
·
Instrumen penelitian
1. Instrumen
wawancara untuk mengetahui karakteristik keramahan perawat dan
kenyamanan pasien anak saat hospitalisasi
2. Instrumen observasi untuk mengetahui karakteristik pasien
anak saat hospitalisasi
·
Pengolahan Data
Analisa data dalam
penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Analisa data yang dilakukan
melalui tiga tahapan yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display),
dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing and verification).
K.
Hipotesis
1.
Hipotesis Alternatif
: Keramahan perawat dapat mempengaruhi peningkatkan kenyamanan pasien anak saat
hospitalisasi
2.
Hipotesis Nol : Keramahan perawat tidak
mempengaruhi peningkatan kenyamanan pasien anak saat hospitalisasi
L.
Referensi
Alimul H, A. Aziz, 2005, Pengantar Ilmu Keperawatan
Anak Edisi 1, SalembaMedika, Jakarta
Supartini, Y., 2004, Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak , EGC, Jakarta.
Wong and Whaleyls, 2001, Psikologi Perkembangan
Anak dan Remaja ,Remaja Rosdakarya, Bandung.
No comments:
Post a Comment