Sunday 6 December 2015

skripsi PNYEMBUHAN LUKA DM DENGAN GEL NIGELLA SATIVA (versi lengkap)

ABSTRAK

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit menahun yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa darah. Prevalensi penderita diabetes pada 1985 sebesar 30 juta, meningkat menjadi 135 juta pada 1995 dan 217 juta pada 2005. DM apabila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya ulkus diabetik.Sudah banyak jenis pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi ulkus diabetik. Namun belum ada yang efektif. Oleh karena itu dicari inovasi pengobatan baru dengan menggunakan gel nigella sativa. Nigella sativa dipercaya mampu mengobati luka karena mengandung zat antiinflamasi.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyembuhan luka diabetes dengan gel Nigella sativa 30% pada tikus yang telah diinduksi aloksan. Metode: Penelitian ini menggunakan true eksperimental dengan rancangan dengan posttest only with control group design. Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling, Jumlah sampel sebanyak 24 ekor tikus.

Hasil: Hasil makroskopis yang ditemukan antara lain tidak adanya perubahan warna pada kedua kelompok, tidak adanya edema di daerah sekitar luka pada kedua kelompok, adanya lapisan berwana putih kekuningan yang lebih tebal pada kelompok 30%, dan belum adanya perybahan pada ukuran luka untuk kedua kelompok. Hasil histologi menunjukkan belum adanya reepitelialisasi pada kedua kelompok dan luas daerah inflamasi yang hampir sama pada kedua kelompok. Kesimpulan: Gel nigella sativa 30% ternyata kurang efektif untuk digunakan pada penyembuhan luka.

Saran: Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan mengurangi dosis nigella sativa dan memperpanjang waktu pemberian perlakuan.


Kata kunci: penyembuhan luka, nigella sativa, diabetes mellitus

Referensi: 22 (2002-2012)

DESCRIPTION OFDIABETES MELLITUS’ WOUND HEALING WITH
30%Nigella Sativa GEL IN RAT INDUCED BY ALLOXAN


 
Student of Nursing Department of Health Science Faculty UNSOED
Medical Surgical Nursing Lecturer of Nursing Department of Health Science Faculty


UNSOED
Nurse of dr. R. GoetengTaroenadibrata Hospital Purbalingga
ABSTRACT


Background : Diabetes Mellitus (DM) is a chronic disease that can be known by blood glucose increasing level. The prevalence of diabetes in 1985 was 30 million, then increased to 135 million in 1995 and 217 million in 2005. Diabetes mellitus can cause many complications if not get proper treatment, one of those complication is diabetic ulcers. There have been many types of treatment are being made to overcome the diabetic ulcers, but there haven’t effective yet. Because of that, nigella sativa gel is used to create a new innovation of treatment. Nigella sativa contain of anti-inflammatory substance that can used to wound healing.
Purposes : This research aimed to know the description of diabetes mellitus’ wound healing with 30% Nigella Sativa gel in rat induced by alloxan.
Method :This research used true experimental method with posttest only with control group design plan.
Result : Macroscopic results that found are the color changes in both of groups, there is no edema around of wound in both of groups, there is a yellowish white colored layer that is thicker in the 30% group, and there is no size changing yet in both of group. Histology result shown that there is no reepitelisation in both groups and the area of inflammation which is almost the same in both groups yet.
Conclusion : 30% Gel Nigella Sativa is less effective to healing the wound. Suggestion :Further research is needed with reduce the nigella sativa dose and extend the treatment timing.

Key Words : Wound Healing, Nigella Sativa, Diabetes Mellitus.
References :22 (2002-2012)

untuk versi lengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
link 1
link 2

No comments:

Post a Comment

chitika